Cara Mengolah Daun Binahong dengan Mudah

Cara Mengolah Daun Binahong dengan Mudah

Apakah Anda masih bingung bagaimana cara mengolah daun binahong dengan tepat dan mudah? Pahami pengolahan daun binahong dengan tepat lewat artikel di bawah ini.

Daun Binahong memiliki segudang manfaat untuk tubuh manusia. Sebutlah diantaranya adalah untuk meringankan rasa sakit karena luka luar, mengobati maag, bahkan menghilangkan senyawa kanker. Pengolahannya pun mudah untuk dilakukan. Bila Anda tertarik, temukan cara mengolah daun binahong secara efektif dengan membaca artikel yang telah kami sajikan berikut ini.

Beberapa Cara Mengolah Daun Binahong untuk Kesehatan Anda

Menjadi primadona di kalangan pecinta obat herbal, bukan hanya kandungan daun binahong saja yang dielu-elukan banyak orang. Pengolahan daun binahong yang tergolong mudah pun yang membuat banyak masyarat menggunakannya. Walaupun penggunaan daun binahong di Indonesia sendiri belum terlalu lumrah, setidaknya di kawasan Asia Timur, daun binahong sudah banyak diracik dengan tanaman herbal lain. Berikut beberapa cara untuk mengolah daun binahong.

1. Direbus

Cara mengolah daun binahong yang paling sering dijumpai adalah dengan merebus daun binahong. Untuk waktu perebusannya sendiri, biasanya tergantung dengan penyakit apa yang akan disembuhkan. Bila untuk luka bakar atau nyeri sendi, cukup rebus 4 lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Daun binahong siap dipakai ketika di dalam panci hanya tinggal tersisa 1 gelas air saja.

2. Digunakan air rebusannya

Melanjutkan pembahasan sebelumnya, air rebusan daun binahong juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama bila menyangkut penyakit dalam seperti penyakit paru-paru, maag akut/kronis, dan sebagainya. Air rebusan tersebut tentunya mengandung zat yang sama yang diturunkan dari daun binahong sendiri. Digunakanna air rebusan daun binahong untuk penyakit dalam juga dengan pertimbangan bahwa air akan lebih mudah mengalir di tubuh dibandingkan dengan daun binahong.

BUAT KAMU:  Harga Daun Binahong Terbaru Termurah 2018 - Kapsul
Cara Mengolah Daun Binahong dengan Mudah
Cara Mengolah Daun Binahong dengan Mudah

3. Ditumbuk

Salah satu cara mengolah daun binahong yang keefektifannya sudah diuji sejak zaman dahulu adalah dengan ditumbuk. Dahulu di kawasan Asia Timur, setelah perang, para prajurit akan selalu disediakan daun binahong yang sudah ditumbuk untuk perawatan kulit dan tulangnya. Cukup ditumbuk tanpa harus direbus dan bisa juga denga direbus. Perbedaannya hanya terletak di tekstur daun binahong ketika telah ditumbuk.

4. Dicincang

Mencincang daun binahong dapat menjadi cara alternatif bila Anda tidak ingin menumbuk daun binahong dalam pengolahannya. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun binahong, kemudian cincang dengan menggunakan pisau. Secara khasiat, baik dicincang kasar atau halus tidak berpengaruh. Namun bila dilihat lebih saksama lagi, pemakaian daun binahong yang dicincang secara halus tentunya terlihat lebih apik dari yang dicincang kasar.

5. Dicuci dan Ditempel

Sebetulnya, daun binahong yang tidak dicuci pun tidak akan mengakibatkan efek samping tertentu dalam pemakaiannya. Namun, daun binahong yang dicuci terlebih dahulu tentunya lebih higienis dari yang tidak dicuci. Adapun bila penyakit yang ditangani seperti luka tersayat dan sejenisnya, daun binahong yang sudah dicuci dapat langsung ditempel di bagian yang terluka tanpa peru ditumbuk ataupun dicincang.

BUAT KAMU:  5 Fungsi Daun Binahong yang Tak Banyak Orang Tahu

Tentunya masih banyak cara mengolah daun binahong dengan berbagai macam teknik yang ada. Namun, pengolahan daun binahong butuh dosis yang tepat dan jelas untuk pemakaiannya. Berikut dosis yang tepat untuk pemakaian daun binahong.

  • Bila daun binahong diolah dengan cara direbus, untuk penyakit dalam, gunakan 5-6 lembar daun binahong dengan 3 gelas air. Rebus hingga air menyusut jadi 1,5 gelas. Minum air secara berkala (3 kali sehari) dengan jumlah yang sama tiap meminumnya (contoh, total 600 ml minum 200 ml tiap 1 kali minum).
  • Bila ditumbuk, untuk penyakit luar, sesuaikan dengan luka yang ada atau luas daerah yang dirasa nyeri.

Itulah cara dan langkah untuk mengolah daun binahong dengan mudah. Anda dapat mencoba beberapa cara diatas yang Anda anggap paling efektif menyembuhkan penyakit. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *