cara menggunakan cuka apel untuk wajah

7+ Cara Menggunakan Cuka Apel Untuk Wajah (Ampuh)

Cuka apel merupakan hasil fermentasi sari buah apel. Biasanya digunakan untuk bumbu masakan. Terkadang juga digunakan untuk minuman. Tapi kini cuka apel banyak dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Merawat wajah yang berjerawat, kulit kusam, flek hitam dan masih banyak lainnya. didalamnya mengandung berbagai macam vitamin A, B2, B1, B6, C, E, pektin, bioflavonoid, magnesium, tembaga, natrium, kalium dan masih banyak lainnya.

Cara Menggunakan Cuka Apel untuk Wajah

Lalu bagaimana cara menggunakan cuka apel untuk perawatan wajah? 

A. Khasiat Cuka Apel untuk Wajah dan Kulit

Sebelum membahas cara penggunaan cuka apel untuk wajah, ada baiknya kita tahu apa manfaatnya untuk wajah dan kulit. Berikut adalah 5 manfaat cuka apel bagi wajah dan kulit dengan cuka apel.

1. Membantu Mengurangi Bintik-bintik Penuaan

Bila Anda membilas wajah setiap hari dengan cuka apel, akan terlihat perbedaan substansial dalam bintik-bintik usia. Kandungan asam alfa hidroksi pada cuka apel bisa mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit baru.

Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit pada bola kapas, lalu mengaplikasikan langsung ke bintik-bintik penuaan. Tunggu sekitar 1/2 jam, lalu bilas wajah dengan air dingin dan keringkan. Lakukan hal ini 2x sehari selama 6 minggu. Anda akan melihat perbedaannya.

2. Melawan Jerawat, Bintil, dan Noda (Flek Hitam)

Tidak perlu membeli tambahan krim jerawat komersial bila Anda dapat menggunakan cuka apel. Ketika cuka apel dibuat, asam malat pun akan terbentuk. Asam ini menjadikan cuka apel berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus yang kuat. Sehingga mampu membuat bakteri tidak berkutik dan jerawat tak terbentuk.

Untuk pembahasan cuka apel dan flek hitam lebih lanjut, Anda bisa membaca cuka apel untuk flek hitam.

3. Menyeimbangkan pH Kulit dan Wajah

Selain menghapus minyak dari kulit, cuka apel juga membantu menyeimbangkan pH. Di samping itu juga menjaga kulit dari keadaan terlalu berminyak atau terlalu kering, dengan menyeimbangkan produksi sebum. Bilas wajah Anda setiap hari dengan cuka sari apel jika menginginkan keseimbangan pada kulit.

4. Mengurangi Keriput pada Wajah

Fungsi cuka apel untuk wajah lainnya ialah membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan keriput. Kamu bisa membasahi kain katun atau kapas dengan cuka apel yang telah diencerkan. Lalu mengoleskannya pada kulitmu. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat dan keringkan.

5. Menghilangkan Racun dari Wajah (Detoksifikasi)

Pemakaian cuka apel secara rutin bisa membantu mengusri racun dari kulitmu. Sehingga meninggalkan pancaran yang muda dan bersih.

BUAT KAMU:  Efek Samping Cuka Apel Untuk Wajah Apakah Berbahaya?

PERINGATAN: Jangan menggunakan cuka apel murni langsung ke kulit Anda – itu mengakibatkan burn. Tapi, buatlah campuran encer dari 50% air dan 50% cuka apel. Lalu pastikan untuk mencobanya dulu pada kulit tangan atau tempat lainnya sebelum memakainya di wajah. Dalam kasus yang sangat langka, beberapa orang sensitif terhadap cuka apel.

B. Cara Memakai Cuka Apel untuk Wajah

Manfaat cuka apel untuk wajah memang banyak sekali. Bisa mengatasi berbagai macam masalah kulit. Seperti jerawat, noda hitam, kulit kusam dan lainnya. asam dari cuka akan membuat sel kulit mati kering dan menggantinya dengan sel kulit baru. Sehingga jerawat cepat kering dan kulit kusam pun menghilang. Cuka apel juga bisa menjaga keseimbangan ph kulit, sehingga bisa terbebas dari berbagai masalah kulit lainnya.

1. Menggunakan Cuka Apel Untuk Toner Wajah

Anda juga bisa menggunakan cuka apel sebagai toner wajah. Toner digunakan untuk membuat kulit lebih segar dan membersihkan kotoran yang masih menempel. Sehingga kulit benar-benar bersih.

Caranya: Siapkan botol sesuai selera, lalu masukan cuka apel dan air matang ke dalamnya. Dengan perbandingkan 1 : 1. Campurkan jadi satu. Lalu gunakan setiap selesai membersihkan wajah pada pagi dan malam hari. anda juga bisa memasukannya ke dalam botol spray dan digunakan untuk spray wajah. Tinggal gunakan setelah selesai make up atau ketika wajah sudah terlihat kusam.

2. Menggunakan Cuka Apel Untuk Masker Wajah

Cara menggunakan cuka apel selanjutnya bisa dipakai untuk masker wajah. Cara ini akan membuat kulit anda terlihat lebih cerah dan bersih. Fungsinya untuk exfoliator, yang akan mengangkat sel kulit mati.

Caranya: Ambil 2 sendok makan cuka apel kemudian tambahkan 2 sendok makan air matang. Campur sampai rata. Bisa juga ditambahkan perasan air lemon dan gula untuk scrub. Oleskan secara merata ke seluruh wajah, kemudian gosok secara perlahan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas sampai bersih.

cara memutihkan wajah dengan daun kelor
(Gambar Hanya Ilustrasi)

Resep Masker Cuka Apel ke-2: Masker cuka apel, madu, dan baking soda

Bahan:

  • 1 sendok teh cuka apel organik
  • 2 sendok teh madu murni
  • 1 sendok teh baking soda

Cara Penggunaan: Campurkan semua bahan. Lalu oleskan campuran tersebut pada wajah Anda – tidak termasuk mata, mulut, dan alis. Biarkan masker ini bekerja selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilaslah dengan air hangat, gunakan kain lap untuk menambah efek pengelupasan. Bisa juga melihat panduan cara pakai cuka apel bragg.

3. Menggunakan Cuka Apel untuk Jerawat

Anda bisa langsung menggunakan cuka apel di bagian wajah yang berjerawat. Mungkin akan terasa perih, karena kandungan asam di dalamnya memang tinggi. Cuka apel akan berfungsi sebagai antiseptik. Yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Tak perlu terlalu banyak.

Caranya: Cukup teteskan satu atau dua tetes cuka apel di kapas. Kemudian tempelkan langsung dibagain wajah yang berjerawat. Gunakan pada pagi hari, sebelum menggunakan make up dan malam hari sebelum tidur. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih diberi cuka apel.

Cara memakai cuka apel untuk wajah berjerawat juga bisa sebagai berikut ini:

BUAT KAMU:  7 Manfaat Sabun Sereh untuk Wajah Anda

Bahan:

  • Cuka apel
  • Air bersih

Cara Penggunaan:

  1. Campur Cuka Apel dengan air bersih dalam sebuah wadah.
  2. Rendam bola kapas di dalam campuran tersebut.
  3. Oleskan bola kapas ke jerawat, kutil, atau flek yang ingin Anda singkirkan.
  4. Biarkan semalam (opsi: pasang pembalut/kapas/perban di bagian yang dioles)
  5. Bersihkan wajahmu di pagi hari sebagaimana biasa.

Bagaimana Cuka Apel bisa Menghilangkan Jerawat: Sifat astringen cuka apel bisa mengeringkan jerawat dalam semalam, sehingga membuatnya lebih kecil pada setiap pemakaian.

Tidak disarankan untuk menusuk kulit dan menekan jerawat, Jadi ini adalah metode efektif untuk menghilangkan jerawat dan menghindari bekas luka akibat jerawat.

Dosis Pemakaian: Anda dapat menggunakan perawatan ini setiap kali Anda memiliki jerawat yang ingin Anda singkirkan. Setelah seminggu atau kurang, jerawat akan hilang.

4. Mengurangi Efek Terbakar Matahari

Campur bersama ½ cangkir cuka sari apel dan empat cangkir air. Pakai kain lap dengan larutan, dan oleskan ke kulit yang terkena sinar matahari. Cuka sari apel membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit, meningkatkan penyembuhan, dan mencegah terik.

cara menggunakan cuka apel untuk wajah
cara menggunakan cuka apel untuk wajah

5. Mengatasi Gigitan Serangga

Basahi bola kapas atau pad dengan cuka sari apel murni, dan oleskan pada kulit yang terkena gigitan serangga untuk bantuan instan. Asam dalam cuka menetralkan gatal, sementara antiinflamasinya meredakan pembengkakan dan sifat-sifat penyeimbangan pH mempercepat penyembuhan.

Mulai sekarang tak perlu bingung lagi untuk mengatasi wajah berjerawat, tinggal gunakan cuka apel sebagai skin care alami anda. itulah cara menggunakan cuka apel untuk perawatan wajah. Selamat mencoba.

Deskripsi: cara menggunakan cuka apel untuk perawatan wajah, sangat banyak sekali. Bisa untuk toner atau masker.

C. Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan Lainnya

Di atas kita telah membahas cara menggunakaan cuka apel untuk wajah. Selain untuk muka, berikut adalah khasiat cuka apel untuk kecantikan:

1. Mencegah Jerawat dan Kutil

Cuka Apel memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang mencegah jerawat dengan menjaga pori-pori kulit bebas dari bakteri, minyak dan partikel debu lainnya. Juga membantu menyeimbangkan pH kulit yang penting untuk pencegahab jerawat.

2. Befungsi sebagai Toner Kulit

Cuka apel baik bagi kulit berminyak, berkat sifat astringennya. Cuka Apel adalah sumber kaya asam alfa hidroksi yang meningkatkan aliran darah ke kulit dan meminimalkan pori-pori. Cuka apel juga mengatur tingkat pH kulit.

BUAT KAMU:  Review: Toner Cuka Apel yang Benar & Ampuh Seperti Ini

3. Mengatasi Ketombe

Cuka apel bersifat antijamur alami untuk memerangi ketombe. Selain itu, membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala dan membersihkan pori-pori tersumbat dan folikel rambut.

4. Membantu Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki, atau bau kaki, adalah masalah umum yang bisa memalukan dan tidak menyenangkan bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Sifat antimikroba sari apel membantu disinfeksi kaki Anda dengan menghilangkan bakteri penyebab bau .

5. Meredakan Sunburn

Cuka Apel adalah pengobatan tradisional untuk kulit terbakar. Astringen alami membantu meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, cuka apel meredakan iritasi, gatal dan peradangan.

6. Menjadikan rambut berkilau dan sehat

Cuka Apel juga membantu rambut jadi lembut dan berkilau. Cuka Apel bersifat menghilangkan sisa penumpukan pada rambut dan kulit kepala dari produk rambut dan sampo. Juga membantu mengembalikan pH alami kulit kepala.

7. Mencerahkan Kuku Kuning

Asam asetat & asam malat pad cuka apel dapat mengurangi perubahan warna kuku. Di samping itu, juga efektif dalam mengatasi infeksi kuku yang menjadi penyebab perubahan warna.

8. Mengurangi Penampilan Selulit

Zat astringen pada cuka apel membantu menyingkirkan selulit, sel lemak mengambang yang tersimpan tepat di bawah kulit. Beberapa komponen cuka apel membantu membersihkan racun & retensi air di sekitar paha dan perut untuk mengurangi selulit.

9. Menyamarkan Noda Gigi

Sifat asam cuka apel membantu mengurangi kekuningan pada gigi. Bahkan dapat juga menghancurkan bakteri dalam mulut untuk menjaga kesehatan mulut.

D. Aturan Menggunakan Cuka Apel untuk Wajah

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menggunakan Cuka Apel, adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan untuk tidak membiarkan cuka terlalu lama pada percobaan pertama. Ini untuk menyingkirkan reaksi alergi cuka apel.
  2. Selalu encerkan cuka. Jangan pernah menggunakan cuka langsung pada wajah karena dapat merusak kulit Anda.
  3. Encerkan cuka dengan air. Namun, tidak ada aturan ketat tentang rasio air terhadap cuka. Lebih baik untuk bereksperimen dan mencari tahu cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang Anda butuhkan.
  4. Beberapa dari Anda mungkin mengalami perburukan jerawat Anda, sebelum kondisinya mulai membaik. Untuk mendapatkan hasil yang tepat, perkenalkan kulit Anda ke cuka apel secara perlahan (gunakan dalam jumlah sedang).

Dengan ini berakhirlah pembahasan kita tentang khasiat cuka apel untuk wajah, cara menggunakan cuka apel untuk wajah, dan khasiat cuka apel untuk kecantikan.

– Herbalis Ginanjar / Zams Herbal

Sumber Tambahan Pembahasan Cuka Apel untuk Wajah

  1. stylecraze.com/articles/how-to-use-apple-cider-vinegar-to-treat-acne/#gref
  2. naturallivingideas.com/5-reasons-to-wash-your-face-with-apple-cider-vinegar/
  3. positivehealthwellness.com/beauty-aging/how-to-get-rid-of-acne-with-apple-cider-vinegar/
  4. remediesforme.com/make-homemade-diy-face-masks-acne/
  5. top10homeremedies.com/kitchen-ingredients/10-surprising-beauty-benefits-of-apple-cider-vinegar.html

Zams Herbalis adalah penggiat herbal yang mencoba berbagi online sejak tahun 2016. Bersama herbalis ginanjar, mengumpulkan berbagai tips herbal dari empiris dan medis. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *