Cara Membuat Teh Serai

Cara Membuat Teh Serai yang Berkhasiat & Gampang

Cara Membuat Teh Serai -Serai adalah rumput musiman yang bisa ditanam di kebun atau pot. Sebagai tanaman tropis, serai tidak tumbuh begitu bagus di lingkugan dingin. Akan tetapi masih sangat memungkinkan dibudidayakan di tempat tersebut dengan wadah yang disesuaikan dengan lingkungan setempat.

Jadi manfaat teh serai ini, selain memberikan antioksidan dan nutrisi esensial, adalah sebagai berikut:

  1. Teh serai memiliki fungsi Anti-bakteri, Anti-jamur & Anti-inflamasi. Teh serai dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur tertentu. Selain itu juga dapat mencegah flu, pilek, dan telah digunakan untuk mengurangi demam.
  2. Teh serai membantu pencernaan Anda dan dapat meredakan sakit perut. Serai membantu melindungi lambung dan meningkatkan sistem pencernaan yang sehat.
  3. Serai adalah diuretik alami. Sehingga bisa bergfungsi sebagai detoks, alias teh serai akan membantu Anda membersihkan tubuh dari racun. Oleh karena itu serai digunakan sebagai pembersih organ-organ. Jika Anda minum teh serai setiap hari, maka akan memberi kulit Anda tampilan yang lebih sehat dalam jangka panjang.
  4. Serai dapat membantu mengendalikan kolesterol dan tekanan darah.
  5. Serai dapat mendorong metabolisme Anda. Sehingga akan membantu Anda menurunkan berat badan!
  6. Serai dapat merilekskan pikiran dan mengurangi stres secara signifikan. Oleh karena itu serai dapat membantu dalam mengobati gangguan saraf. Serai akan membantu Anda untuk rileks dan tenang setelah hari yang menegangkan.

Resep teh serai ini harus dihindari oleh wanita hamil dan mereka yang sedang menggunakan obat diuretik. Selain kondisi yang disebutkan tadi, maka teh serai bebas dikonsumsi siapa saja. Baik tua atau muda, tidak ada batasan usia untuk mengkonsumsi teh serai.

HARUS BACA:  Waspadai 3 Efek Samping Serai Ini (Khususnya No. 1)

Cara Membuat Teh Serai Praktis dan Efektif

Bagian putih dari tangkai dikenal sebagai penyedap yang baik untuk memasak, tetapi itu bukan satu-satunya bagian dari serai yang dapat digunakan. Daunnya juga merupakan penyedap yang sangat baik, dan dikenal karena dapat membuat teh yang menenangkan, dan diyakini memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

manfaat teh daun sirsak

Teh ini mudah dibuat dan memiliki aroma dan rasa lemon yang kaya.

Langkah 1 – Pilih Daun Serai yang Berkualitas

Daun adalah bagian dari tanaman yang digunakan untuk membuat teh serai. Daunnya bisa digunakan dalam bentuk segar atau kering. Potong bagian hijau daun dari tanaman sereh Anda menggunakan gunting tajam. Jika Anda belum memiliki tanaman serai, Anda dapat membeli daun segar atau kering dari beberapa toko makanan kesehatan.

Langkah 2 – Opsional: Keringkan Daun

Daun sereh dapat disimpan dengan cara dijemur. Taruh di bawah sinar matahari sampai kering, atau letakkan daun di rak pengering dan simpan di tempat yang sejuk dan kering. Daunnya juga bisa dikeringkan dalam oven dengan suhu antara 100 – 140 derajat Fahrenheit.

Perhatikan secara seksama dalam mencokelatkan daun, dan putar daun secara bertahap. Bila daun hancur karena sentuhan Anda, berarti daun-daun itu cukup kering dan harus disimpan dalam wadah plastik yang dapat ditutup/dibuka kembali.

Langkah 3 – Siapkan Daun

Daun segar harus dicuci sebelum digunakan dan dipotong menjadi panjang 1 – 2 inci dengan gunting yang bersih dan tajam.

Daun kering seharusnya sudah pecah menjadi beberapa bagian, jadi tak perlu digunting lagi.

HARUS BACA:  3 Manfaat Serai dan Apel Hijau (Juga Cara Membuat Ramuannya)

Langkah 4 – Buat Teh

Tempatkan satu – dua daun segar dalam cangkir, potong dengan panjang 1 atau 2 inci, atau satu atau dua lembar daun serai kering. Tuang air mendidih di atas daun dan biarkan mendatar selama 10 atau 15 menit.

Daun juga bisa diletakkan di teko teh dan ditambahkan air. Gunakan lebih banyak daun untuk teko teh yang lebih besar, tetapi sesuaikan jumlahnya agar sesuai dengan selera pribadi Anda.

Langkah 5 – Opsional: Tambahkan Rasa Tambahan

Anda dapat menambahkan gula, madu, atau jenis pemanis buatan sebagai pemanis jika sesuai dengan selera Anda. Teh dan herbal lainnya dapat ditambahkan untuk menciptakan rasa yang berbeda. Namun, rasa serai sering dianggap unik dan nikmat dengan sendirinya.

Langkah 6 – Dinginkan Teh

Dalam cuaca panas Anda mungkin lebih suka teh dingin. Perbanyak jumlah daun di setiap cangkir air panas hingga ekstra kuat. Kemudian tuangkan teh panas ke atas secangkir es untuk membuat secangkir es teh dingin. Sebagai alternatif, buat satu botol besar teh serai dan simpan di lemari es untuk dinikmati sepanjang hari.

Resep Cara Membuat Teh Serai Lainnya (Singkat)

Cara Membuat Teh Serai
Cara Membuat Teh Serai
  • Penulis: Helene D’Souza
  • Jenis resep: Minuman Teh
  • Masakan: Asia
  • Jumlah: 2 porsi
  • Waktu persiapan: 3 menit
  • Waktu masak: 15 menit
  • Total waktu: 18 menit

Resep teh serai ini bisa menjadi favorit Anda berikutnya jika Anda menikmati rasa serai segar, jika Anda ingin memulai hari baru yang segar. Restoran Asia yang khas dan minuman teh panas spa ini membantu tubuh kita untuk mengalamai revitalisasi dalam setiap tegukan!

HARUS BACA:  7 Manfaat Rebusan Sereh dan Jahe (Kombinasi Ajaib)

Cara terbaik adalah teh serai dinikmati dalam keadan hangat. Tetapi Anda dapat menggunakan resep teh serai ini juga untuk membuat es teh serai.

Bahan

  • 2-3 batang serai hijau segar atau serai kering (meskipun lebih disarankan untuk menggunakan segar jika memungkinkan)
  • 600 mililiter Air mendidih atau 20 fl ons
  • opsional: Gula secukupnya (tidak manis lebih baik untuk kesehatan)
  • opsional: Potongan Lemon untuk disajikan

Cara Membuat

  1. Masukkan air ke dalam panci dan panaskan.
  2. JIKA Anda menggunakan serai segar, potong serai Anda yang bersih dan dicuci dengan gunting ke dalam potongan yang lebih kecil. Tambahkan serai ke air rebusan.
  3. Rebuslah air dengan serai sampai mendidih dan kemudian biarkan mendidih selama 10 menit tertutup. Ambil dari panas dan saring teh Anda.
  4. Sajikan dalam keadaan hangat dengan irisan lemon. Kalau suka, Anda mungkin bisa menambahkan gula, meskipun saya akan mencobanya tanpa gula. Karena menambahkan gula apalagi kebanyakan akan mengurangi manfaat kesehetan dari minuman ini. Tambahakan sedikit saja jika memang butuh.

Informasi nutrisi Teh Serai

Ukuran porsi: 313 g Kalori: 17 kkal Lemak: 0 g Lemak jenuh: 0 g Lemak tak jenuh: 0 g Lemak trans: 0 g Karbohidrat: 4,24 g Gula: 0 g Sodium: 13 mg Serat: 0 g Protein: 0 g Kolesterol: 0 mg

Itulah pembahasan kita tentang cara membuat teh sereh. Kami rasa cukup lengkap pembahasannya, meskipun masih ada kurangnya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah memabaca.

Sumber Cara Membuat Teh Serai

  1. doityourself.com/stry/how-to-make-lemongrass-tea
  2. masalaherb.com/lemongrass-tea-recipe/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *