Cara Membuat Bawang Putih Hitam

Cara Membuat Black Garlic yang Benar, Mudah, dan Murah

Cara Membuat Black Garlic – Menurut mitologi Taoisme, Black Garlic dikatakan dapat memberikan keabadian. Tentu saja itu mitos, tetapi merupakan fakta bahwa ia menawarkan banyak manfaat kesehatan. Bawang putih hitam memiliki hampir dua kali lipat jumlah antioksidan dibanding bawang putih biasa. Para peneliti telah menemukan bahwa proses fermentasi bawang putih telah melipatgandakan antioksidan.

Selain itu, sebuah studi tahun 2009 yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa black garlic lebih efektif dibanding bawang putih biasa dalam mengurangi ukuran tumor.

Cara Membuat Black Garlic

Meskipun alat pembuat bawang putih hitam sudah ada yang jual, kita dapat dengan mudah membuat bawang putih hitam sendiri tanpa alat mahal, yaitu dengan menggunakan rice cooker.

Kami memiliki resep cara membuat bawang putih hitam sendiri. Tetapi jika Anda tidak dapat menunggu 2 minggu lebih untuk tahap pertama proses fermentasi bawang putih hitam, maka lebih baik membelinya secara online.

Cara Membuat Black Garlic
Cara Membuat Black Garlic

A. Langkah Membuat Bawang Putih Hitam (Black Garlic)

Berikut adalah langkah awal dalam membuat black garlic:

1. Beli bawang putih yang tepat. Langkah pertama adalah memilih bawang putih yang tepat. Sangat penting untuk mencari umbi segar yang tidak bercelah. Selain itu perlu diperhatikan apakah ada bintik-bintik busuk pada bawang putih.

Pada dasarnya, semakin bagus kualitas bawang putih yang Anda gunakan, maka semakin baik pula kualitas black garlic Anda. Karena prosesnya cukup panjang, Anda perlu mengeluarkan sedikit ekstra kesabaran untuk mendapatkan yang terbaik.

2. Peringatan: Bau bawang putih selama proses fermentasi bisa sangat “luar biasa”. Oleh karena itu tempatkan rice cookermu di tempat yang berventilasi baik. Seperti di luar rumah misalkan, ini karena aromanya yang kuat yang dihasilkan saat memfermentasi.

Proses Fermentasi Bawang Putih menjadi Bawang Putih Hitam

  1. Taruh bawang putih Anda di atas kertas minyak (atau alas lainnya),
  2. Lalu taruh ke panci memasak bagian dalam atau nampan pengukus di dasar penanak nasi.
  3. Tutup penutupnya dan kemudian gunakan pengaturan “Tetap Hangat”.
  4. Simpan bawang putih di penanak nasi pada pengaturan itu, dan biarkan selama setidaknya 14 hari. Ini dapat dibiarkan selama 40 hari jika Anda menginginkan rasa yang lebih mantaps.
  5. Ketika bawang putih siap untuk dibuang, letakkan di tempat yang kering pada suhu kamar dan biarkan selama 10 hingga 14 hari sebelum digunakan.
  6. Tempatkan black garlic ke dalam wadah penyimpanan kedap udara dan simpan di kulkas.
BUAT KAMU:  Info Jual Bawang Putih Tunggal Depok

B. Resep Black Garlic orang Luar Negeri

Black garlic bisa dimakan langsung, di atas roti, atau digunakan di salah satu hidangan favorit Anda, sama seperti bawang putih pada umumnya. Tetapi Anda akan memperoleh manfaat kesehatan yang lebih besar dengan resep-resep di bawah:

Cara Membuat Bawang Putih Hitam
Cara Membuat Bawang Putih Hitam

Black Garlic dan Ayam Panggang

Anda dapat menggunakan cengkeh sama seperti ketika akan memanggang bawang putih. Bisa juga kita menghaluskan bawang dengan minyak zaitun dan kemudian mengoleskan campuran tersebut ke crostini. Lalu memasukkannya ke dalam saus atau menggosokkannya ke ayam sebelum dipanggang.

Black Garlick Kale

Anda juga bisa mendapatkan inspirasi untuk menggunakan black garlic yang disebut dalam resep yang ditemukan di BlackGarlicNA.com , yang memiliki sejumlah resep bawang putih hitam yang luar biasa di situs webnya, termasuk hidangan utama yang sehat dan lezat, ‘Oversed Black Garlic Peppers.’

Untuk khasiat berlipat ganda, Anda mungkin ingin mencoba Black Garlic Kale , resep hebat untuk salah satu makanan super paling bermanfaat di dunia, kale – mudah dibuat, sangat sehat dan lezat juga.

Koki terkenal New York, Julian Medina, menawarkan saran berikut untuk pengolahan black garlic:

Saya suka menggunakan black garlic — memasaknya dengan api kecil untuk waktu yang lama dengan minyak sampai sangat lembut — dan kemudian menggunakannya sebagai saus atau purée. Salah satu favorit saya adalah bawang putih hitam dan cabai pasilla purée. Chili pasilla juga gelap, dengan rasa yang sederhana, dan bawang putih hitam mellow dan melengkapinya dengan sangat baik.

BUAT KAMU:  20+ Khasiat Black Garlic yang Perlu Kamu Tahu

Koki mitra Lower48 Denver, Alex Figura, mengatakan :

Bawang putih hitam cocok diolah bersama hidangan daging domba, yoghurt, dan kerang yang memiliki susu di dalamnya. Atau bisa juga dibuat vinaigrette dari sana seperti yang Anda lakukan untuk jamur dengan cuka sherry, sedikit kedelai (Anda tidak perlu garam sama sekali), minyak netral, beberapa mustar Dijon, dan bawang putih.

Rasanya sangat lezat dengan salad jamur, dan ada begitu banyak kekayaan dan intensitas rasa bahwa salad bisa menjadi hidangan utama. Saya akan memasangkannya dengan sesuatu yang cerah dan asam, seperti stroberi atau raspberry, untuk memotong kekuatan jamur dan bawang putih.

C. Manfaat Mengkonsumsi Black Garlic

Berikut segelintir dari jutaan manfaat bawang putih hitam:

1. Obati diabetes tipe 2

Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi serius seperti penyakit ginjal, penyakit jantung, kerusakan saraf dan masalah penglihatan – terkadang bahkan kebutaan.

Antioksidan kuat dalam bawang putih hitam dapat mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa tingginya tingkat antioksidan memberikan efek yang lebih kuat daripada bawang putih biasa dan dapat lebih membantu dalam mencegah komplikasi diabetes.

2. Tingkatkan Kadar Kolesterol

Meskipun bawang putih telah mendapatkan pujian karena manfaatnya bagi jantung, black garlic baru-baru ini menjadi subjek beberapa studi. Karena memiliki dasar fitokimia yang sedikit berbeda dibanding bawang putih biasa, black garlic menawarkan manfaat yang lebih besar dalam memelihara hati (liver).

BUAT KAMU:  14 Efek Samping Black Garlic yang Bisa Muncul (Perhatikan)

Sebuah studi 2014 yang dilakukan di Chonbuk National University Hospital di Korea Selatan , menemukan bahwa peserta yang mengambil ekstrak black garlic setiap hari selama 12 minggu mengatakan peningkatan rata-rata HDL (kolesterol “baik”). Selain itu juga terjadi penurunan allpoprotein B dalam lipid darah, yang mana dianggap sebagai indikator kuat risiko penyakit jantung.

3. Meredakan Alergi dan Lainnya

Studi telah menemukan bahwa black garlic memiliki kemampuan untuk mematikan gen yang menyebabkan peradangan dan reaksi alergi. Black Garlic juga dikenal dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena banyaknya antioksidan.

Selain menangkal alergi, bawang hitam dapat membantu memerangi virus dan infeksi. Sebuah studi 2012 yang dilakukan di Washington State University menemukan bahwa bawang putih 100 kali lebih efektif daripada dua antibiotik top dalam melawan bakteri yang dikenal sebagai Campylobacter, yang menjadi sebab banyak penyakit usus di dunia. Bawang hitam telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama ribuan tahun, termasuk untuk membantu memerangi wabah pada abad ke-18.

4. Membantu menyembuhkan hati dari kerusakan karena alkohol

Hati (liver) adalah satu-satunya organ yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri dari kerusakan. Tetapi alkohol dapat mengakibatkan kerusakan akibat stres oksidatif. Ini karena liver terbebani dengan mencoba memecah alkohol. Hal itu akan merusak sel-sel hati, yang dapat menyebabkan peradangan dan jaringan parut dari waktu ke waktu.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa bawang putih hitam dapat membantu mengurangi peradangan dan bahkan membantu membalikkan kerusakan hati karena alkohol.

Itulah pembahasan kita tentang cara membuat black garlic, resep, dan manfaatnya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Zams Herbalis adalah penggiat herbal yang mencoba berbagi online sejak tahun 2016. Bersama herbalis ginanjar, mengumpulkan berbagai tips herbal dari empiris dan medis. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *