bahaya makan daun kelor

6 Bahaya Makan Daun Kelor yang Bisa Muncul (Perlu Tahu)

Apakah ada Bahaya Makan Daun Kelor? – Tumbuhan kelor atau yang dikenal dengan nama tumbuhan merungi dikenal secara turun temurun memiliki khasiat yang sangat banyak. Beberapa manfaat yang dapat kita dapatkan dari tumbuhan ini adalah mampu mengatasi berbagai penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan mencegah kanker. Tak hanya penyakit kronis, tumbuhan ini juga bermanfaat untuk mencegah batuk dan membantu kita menjaga daya tahan tubuh.

Singkatnya, daun kelor adalah daun yang sangat kaya akan manfaat. Bahkan hal ini diamini oleh WHO.

Akan tetapi, di balik manfaatnya yang sangat banyak ternyata bahaya makan daun kelor juga dapat ditemukan. Bahaya ini muncul bila kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Nah, apa saja dampak yang dapat ditimbulkan dari tumbuhan yang kaya akan manfaat ini? Mari kita bahas beberapa diantaranya.

Inilah 6 Kemungkinan Bahaya Makan Daun Kelor

Berikut adalah bahaya yang hanya terjadi secara empiris, umumnya kelor aman dikonsumsi, tapi bagi sebagian kecil orang bisa memiliki efek yang berbeda. Jika muncul gejala seperti di bawah ini, hentikan dan konsultasikan ke ahli kesehatan.

1. Ginjal

Bahaya makan daun kelor berhubungan dengan manfaatnya yang paling penting. Daun kelor dapat membantu menyelesaikan masalah ginjal, namun bila konsuminya berlebihan justru akan menganggu dan merusak fungsi ginjal itu sendiri. Daun kelor yang dikonsumsi dalam jumlah banyak justru akan menghambat ginjal dalam mengolah cairan tubuh.

2. Liver

Kemudian selain ginjal, organ penting lain yang jufa akan mendapatkan dampak adalah liver atau hati. Permasalahan ini dapat muncul bila konsumsi kelor tidak diimbangi dengan konsumsi sayuran yang lain.

HARUS BACA:  Inilah 7 Manfaat Akar Kelor yang Harus Kamu Tahu

3. Penyakit Kuning dan Hepatitis

Khusus untuk para penderita penyakit kuning dan hepatitis, daun kelor justru menjadi salah satu yang harus dihindari. Konsumsi daun kelor dapat merusak jaringan pembuluh darah yang ada di sekitar hati.

efek samping
efek samping

Maka muncullah saran untuk mengkonsumsi daun kelor sewajarnya atau tidak melebihi 1000 mg/kg berat badan secara normal.

4. Reproduksi Pria

Kemudian bahaya makan daun kelor juga dapat ditemukan pada masalah reproduksi pria. Seorang pria yang menkonsumsi daun kelor baik dalam olahan maupun dalam lalapan secara berlebihan dapat mendapatkan dampak kegagalan sperma. Artinya, daun kelor dapat menghambat pembentukan sperma.

Pada kasus lain ditemukan juga masalah ej4kulasi dini. Selanjutnya disarankan juga untuk tidak mengkonsumsi daun kelor dalam kondisi perut kosong. Ini akan mengakibatkan perut menjadi keram dan sakit. Bahkan hal yang lebih parah bisa saja terjadi, yakni diare dan sembelit ringan.

5. Mati Rasa Ringan

Lanjut ke bahaya makan daun kelor yang terakhir, yakni berhubungan dengan kelumpuhan. Benar, daun kelor dapat menyebabkan kelumpuhan atau mati rasa ringan. Masalah ini dapat timbul bila kandungan daun kelor tidak sesuai dengan jaringan tubuh.

Aturan Minum Daun Kelor

Berikut sedikit aturan dalam meminum daun kelor yang dilansir dari webmd.com,

Dosis yang tepat dari daun kelor tergantung pada beberapa faktor seperti:

  1. Usia pengguna,
  2. Kesehatan,
  3. Dan beberapa kondisi lainnya.

Saat ini tidak ada cukup informasi ilmiah untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk kelor. Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan dosis dapat menjadi penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada kemasan produk.  Konsultasikan juga dengan dokter, apoteker, atau profesional perawatan kesehatan Anda lainnya sebelum mengkonsumsi.

HARUS BACA:  3 Cara Memutihkan Wajah dengan Daun Kelor Ampuh!

Untuk ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi akar, kulit kayu atau bunga moringa. Bahan kimia pada akar, kulit kayu, dan bunga dapat membuat uterus berkontraksi, dan ini dapat menyebabkan keguguran. Tidak ada informasi yang cukup tersedia tentang keamanan dari efek samping bagian lain dari kelor selama masa kehamilan. Tetap baiknya hindari penggunaan.

Bisakah Saya Merebus Daun Kelor dan Meminumnya?

Giling daun selama 1-2 menit hingga jadi bubuk kelor, yang bisa ditaburkan di gelas/piring. Cara lain untuk meminum daun kelor adalah dengan merebus 1/2 cangkir daun kelor dalam 1 1/2 cangkir air. Dinginkan lalu minum ramuan itu sebagai teh.

Berapa dosis kelor yang harus saya konsumsi setiap hari?

Dibutuhkan sekitar tujuh daun kelor segar, untuk membuat bubuk daun kelor. Sebagian orang mengkonsumsi antara 1 sendok teh dan 1 sendok mengkonsumsi setiap hari, yang lain mengkonsumsi lebih banyak dari itu.

Bisakah saya mengambil Moringa dengan perut kosong?

Lebih baik JANGAN mengkonsumsi kelor dengan perut kosong! Kelor merupakan pencahar yang brilian dan alami. Di awal lebih baik mengkonsumsi 1-2 sendok saja.

Selain itu, produk jadi seperti teh daun kelor harus melihat komposisi dan cara penggunaannya. Efek samping teh daun kelor berbeda-beda.

Manfaat Mengkonsumsi Daun Kelor yang Terbukti

Dalam kondisi normal, dan sesuai aturan meminumnya, daun kelor sangaat bermanfaat. Berikut beberapa di antaranya yang terbukti dari draxe.com:

  1. Menjadi Sumber Antioksidan dan Senyawa Anti-Peradangan
  2. Menyeimbangkan Hormon dan Memperlambat Efek Penuaan
  3. Membantu Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
  4. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah & Membantu Melawan Diabetes
  5. Melindungi dan Memelihara Kulit
  6. Membantu Menstabilkan Suasana Hati Anda dan Melindungi Kesehatan Otak
HARUS BACA:  Penjelesan Bentuk Daun Kelor dan Bagian Lainnya (Lengkap)

Daun kelor bermanfaat baik dengan cara di makan atau diterapkan ke kulit (sebagai obat luar). Untuk tahu yang lainnya silahkan baca: manfaat daun kelor.

Kesimpulan tentang Bahaya Daun Kelor

Penjelasan tentang Latar Belakang Bahaya Makan Daun Kelor

bahaya makan daun kelor
bahaya makan daun kelor

Yang Patut di Perhatikan adalah bahwa ini hanya akan terjadi pada sebagian kecil orang saja. Ibarat pengecualian. Karena kita tahu betapa besar manfaat dari daun kelor ini.

Selain itu, beberapa hal di atas terjadi jikalau kita mengkonsumsi secara berlebihan. Apapun itu yang berlebihan pasti tidak baik.

Meski tidak terjadi pada semua orang, namun bila ini benar-benar terjadi pada diri Anda, segera lakukan pemeriksaan secara medis untuk mencegah dampak yang lebih berat. Kesimpulannya, meski daun kelor memiliki khasiat yang luar biasa, namun dalam konsumsinya tetap harus dibersamai dengan takaran yang tepat. Bila tidak, alih-alih manfaat yang diterima, justru bahaya yang akan didapat.

Sekian pembahasan dampak dari makan daun kelor. Semoga kita terhindar dari aspek bahaya di atas.

– Herbalis Ginanjar

Sumber Tambahan:

  1. beverage-recipes.wonderhowto.com/how-to/prepare-moringa-tea-0125440/
  2. miracletrees.org/howto-eat-moringa.html
  3. moringaspirit.com/blog/how-to-take-moringa/
zams herbalis

Zams Herbalis adalah penggiat herbal yang mencoba berbagi online sejak tahun 2016. Bersama herbalis ginanjar, mengumpulkan berbagai tips herbal dari empiris dan medis. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *