tanaman kitolod adalah

Apa itu Tanaman Kitolod dan Bagaimana Cara Mengolahnya

Tanaman kitolod merupakan salah satu jenis tanaman liar yang tumbuh tidak beraturan. Tanaman ini sangat mudah dijumpai ditempat lembab seperti selokan, pinggir sungai, danau maupun sawah. Tanaman kitolod juga dikenal dengan nama isotoma longiflora. Hal ini karena atanamn kitolod mengandung lobelin serta isotomin. Selain itu daun kitolof juga mengandung saponin, alkaloid maupun polifenol.

Tanaman kitolod juga memiliki bunga yang berbentuk kecil berwarna putih dan biasanya akan tumbuh pada ketiak daun. Ciri ciri umum daun kitolod adalah tunggal dan meruncing namun ada sedikit gerigi. Batangnya berbentuk tegak dan menompang daun, bungga hingga buah. Tanaman kitolod juga memiliki getah yang beracun tentunya cukup berbahaya.

Tanaman Kitolod

Tanaman kitolod memiliki berbagai macam khasiat meskipun merupakan tumbuhan liar. Salah satunya adalah sebagai obat mata. Hal ini karena telah dilakukan penelitian dan terbukti secara ilmiah bahwa tanaman kitolod aman digunakan sebagai obat mata.

Efek Samping Bunga Kitolod

A. Cara Mengolah Tanaman Kitolod

Berikut ini adalah cara untuk membuat rambuan dari tanaman kitolod untuk mengobati mata:

  • Siapkan daun dan bunga kitolod (usahakan yang masih segar atau merekah). Bersihkan
  • Siapkan juga air dalam gelas lalu celupkan bunga tadi kedalam gelas
  • Ambillah tangkai bunga kitolod lalu teteskan air yang tersisa pada bunga kitolod pada mata yang mengalami gangguan atau sakit
  • Awal penggunaan akan meninggalkan rasa sakit
  • Agar hasil maksimal gunakan secara rutin 2 kali seari dan kedipkan mata ketika menggunakan agar terserap dengan baik.
HARUS BACA:  7 Manfaat Tanaman Kitolod bagi Tubuh Manusia

B. Manfaat Tanaman Kitolod dan Cara Penggunannya

#1 Kitolod dan Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup ditakutkan orang. Penyebaran sel kanker memang terkadang tidak terkendali. Salah satu cara mengatasi kanker adalah dengan mengkonsumsi tanaman kitolod. Hal ini karena kandungan dalam tanaman kitolod mampu membunuh sel kanker dalam tubuh. Caranya adalah dengan mengambil 3 lembar daun kitolod, tambahkan 5 gelas air lalu rebus hingga mendidih dan berkurang. Agar semakin kental biarkan hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari agar hasilnya lebih maksimal.

#2 Kitolod dan Asma

Asma atau radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit dalam bentuk gangguan pernapasan yang juga membahayakan. Kadang seseorang yang telah terserang asma sangat sulit menghilangkannya. Namun ternyata tanaman kitolod bisa melakukan hal tersebut. Hampir semua jenis gangguan pernapasan bisa diatasi dengan daun kitolod. Caranya adalah rebuslan 2 hingga 3 daun kitolod yang telah dibersihkan, kemudian minum secara teratur 2 kali satu hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

#3 Kitolod dan Sakit Gigi

Tanaman kitolod juga memiliki khasiat lain yaitu mengatasi sakit gigi. Sakit gigi yang berlebihan memang terasa sangat mengganggu. Untuk itu bisa diatasi dengan menggunakan tanaman kitolod. Caranya adalah ambil 2 lembar daun tanaman kitolof lalu bersihkan. Haluskan 2 lembar daun tersebut hingga benar benar halus dan masukan kedalam gigi yang berlubang. Dengan begitu sakit gigi akibat berlubang kini bisa teratasi.

HARUS BACA:  Beberapa Manfaat Bunga Kitolod untuk Kesehatan Anda
tanaman kitolod adalah
tanaman kitolod adalah

C. Efek Samping Tanaman Kitolod Bagi Mata

Akan tetapi baru baru ini tersiar kabar bahwa bunga kitolod juga memiliki efek samping bagi mata. Hal ini disebabkan oleh cara pengolahan tanaman kitolod yang tidak sesuai dengan prosedur. Tanaman kitolod harus diolah dengan baik yaitu dibersihkan hingga benar benar bersih. Sebaiknya gunakan air mengalir untuk membersihkan daun kitolod. Karena masalah utama tanaman kitolod adalah tidak bersih karena tumbuh secara liar. Tidak bersihnya tanaman kitolod justru akan mendatangkan perih yang tiada akhir, mata perih, infeksi mata, iritasi dan mata merah. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk membersihkan terlebih dahulu.

zams herbalis

Zams Herbalis adalah penggiat herbal yang mencoba berbagi online sejak tahun 2016. Bersama herbalis ginanjar, mengumpulkan berbagai tips herbal dari empiris dan medis. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *