black garlic adalah

Apa itu Black Garlic? Kamu Perlu Tahu Fakta Ini!

Jadi apa itu Bawang Putih Hitam?

Apa itu Black Garlic?

Black Garlic adalah bawang putih yang mengalami proses fermentasi selama sebulan dalam suhu dan kelembaban tertentu. Hasil dari proses fermentasi ini adalah bawang putih hitam yang memiliki tekstur lembut, seperti jeli yang bebas bau dan memiliki rasa yang mirip dengan buah ara.

Dilihat dari nutrisinya, Black Garlic memiliki kandungan allicin yang jauh lebih tinggi dibanding bawang biasa. Allicin ialah bahan aktif dalam bawang putih biasa yang Bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, Bawang Putih Hitam kaya akan asam amino dan memiliki hampir dua kali lipat jumlah antioksidan bila dibandingkan dengan Bawang Putih biasa. Tapi itu bukan keseluruhan cerita.

A. Jadi Black Garlic Adalah …

Sederhananya, black garlic adalah bawang putih segar yang diproses secara alami di bawah teknologi pemanas khusus. Walaupun dalam tingkatan sederhana, bawang hitam juga dapat dibuat dengan rice cooker.

Black garlic mengandung senyawa tambahan yang sangat spesifik yang disebut S-Allycysteine (SAC) dalam konsentrasi sangat tinggi, dibandingkan dengan Bawang Putih Putih yang larut dalam air dan dengan mudah diserap di dalam tubuh. S-Allylcysteine telah terbukti membantu penyerapan allicin. Hal ini membuat Bawang Putih Hitam jauh lebih efektif dibanding Bawang Putih biasa dalam semua manfaat yang disebutkan di atas. Selain itu bawang ini juga ditoleransi dengan baik oleh sistem pencernaan sehingga kemungkinan gangguan lambung benar-benar diminimalkan.

BUAT KAMU:  Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Diabetes

Jika Anda mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen bawang putih, maka kami akan merekomendasikan untuk menggunakan kapsul Black Garlic oleh HealthAid.

B. Kandungan Bawang Hitam (Black Garlic)

kandungan black garlic
kandungan black garlic  (sumber: culinaryelite.com)

Dalam hal kandungan nutrisi, bawang putih hitam yang difermentasi jauh lebih kuat. Bawang hitam mengandung tingkat energi nutrisi, dan antioksidan yang lebih tinggi, seperti S-allyl cysteine dan Superoxide dismutase. Ditambah lagi black garlic memiliki pengaruh anti-sepsis yang kuat sehingga menghancurkan bakteri dengan lebih efektif.

C. Proses Fermentasi Bawang Putih menjadi Black Garlic

black garlic adalah
black garlic adalah

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa fermentasi bawang putih akan menghasilkan bawang putih hitam.

Anda memerlukan alat khusus untuk memfermentasi bawang putih menjadi black garlic. Tetapi rice cooker yang kita dapat mengatur suhu dan kelembabannya, maka dapat digunakan untuk tujuan ini. Box fermentasi akan lebih baik, meskipun alat ini akan jarang ditemukan di dapur kita. Berikut adalah gambaran sekilan proses fermentasi bawang hitam.

Langkah 1 – Kumpulkan bawang putih secukupnya (bisa 6-8 buah), lalu dijuci. Jangan dikupas kulitnya .

BUAT KAMU:  20+ Khasiat Black Garlic yang Perlu Kamu Tahu

Langkah 2 – Sesudah kering, taruh dalam box fermentasi (atau rice cooker) selama 10 jam dengan suhu 140 derajat Fahrenheit dan tingkat kelembaban 70%.

Langkah 3 – Setelah selesai fermentasi tahap pertama, tingkatkan suhu hingga capai 160 derajat Fahrenheit dan 90% kelembaban.

Langkah 4 – Terakhir, atur suhu menjadi 180 derajat Fahrenheit dan 95% kelembaban selama 200 jam.

Setelah kita mempelajari hal di atas kita setidaknya sudah sedikit tahu apa itu black garlic atau bawang hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *