Air Lemon untuk Diet Sehat Anda

5 Cara Menggunakan Air Lemon untuk Diet Sehat Anda

Diet yang sehat adalah diet dengan pola makan teratur dan kandungan gizi mencukupi. Lewat artikel ini, cobalah beberapa cara menggunakan air lemon untuk diet sehat Anda.

Buah lemon merupakan buah yang mengandung banyak sitrus dan zat polifenol. Kandungan sitrusnya membuat rasa lemon lebih asam dari buah lainnya dan kandungan zat polifenolnya dapat mengurangi berat badan dan resensi insulin. Bila Anda berniat untuk menurunkan berat badan Anda, Anda wajib mencoba 5 cara menggunakan air lemon untuk diet yang terdapat dalam penjelasan di bawah ini.

Air Lemon untuk Diet Penuh Nutrisi

Lemon banyak digunakan untuk makanan dan minuman olahan. Sebut saja teh lemon, kue lemon, bahkan hingga kulit lemon yang dijadikan manisan. Semuanya dikarenakan lemon memiliki banyak kandungan yang berkhasiat untuk tubuh manusia, terutama dalam pembakaran lemak atau diet. Berikut ini beberapa cara untuk menggunakan air lemon sebagai pelengkap menu diet Anda.

1. Diseduh bersama air hangat dan madu

Salah satu cara yang biasa dilakukan agar air lemon untuk diet menjadi lebih enak adalah mencampurinya dengan madu. Cukup tambahkan setengah gelas air hangat ke air perasan lemon, aduk hingga merata, kemudian masukan 2-3 sendok makan madu. Menu air lemon hangat dengan madu sangat cocok menjadi minuman andalan Anda saat sarapan.

BUAT KAMU:  7+ Cara Membuat Jus Lemon yang Benar dan Sedap

2. Dijadikan sebagai infused water

Produk Infused water sudah banyak dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya bila Anda mencoba untuk membuatnya sendiri. Iris lemon setebal 1-2 cm, kemudian taruh irisan lemon di teko berisi air. Taruh air di kulkas agar cita rasa lemon semakin kuat. Aduk, kemudian tambahkan beberapa potong buah lain sebagai pelengkap. Anda bisa menambahkan gula dengan catatan gula yang dipakai memiliki kalori lebih rendah dari gula biasa.

3. Air lemon sebagai pengganti soft drink

Air Lemon untuk Diet Sehat Anda
Air Lemon untuk Diet Sehat Anda

Jika Anda pencinta soft drink dan sedang menjalani diet, Anda tidak perlu khawatir lidah Anda tidak akan terbiasa dengan lemon. Sensasi yang biasa Anda rasakan ketika minum soft drink masih bisa Anda rasakan dengan mencampur air lemon untuk diet dengan jeruk. Caranya, peras masing-masing lemon dan jeruk. Setelah itu, kocok dengan kecepatan tinggi. Taruh di dalam kulkas selama semalam, dan Anda akan merasakan sensasi percampuran air jeruk dan lemon yang tidak kalah segarnya dengan soft drink.

4. Direbus bersama jahe

Jahe memiliki senyawa penyeimbang dimana rasa asam dari lemon akan terasa lebih ringan saat dicampur dengan air rebusan jahe. Langkah pembuatan air lemon dan jahe adalah siapkan perasan air lemon, lalu siapkan air sebanyak 2 gelas. Taruh air di panci dan jangan lupa taruh jahe yang telah dikupas dan dipipihkan. Rebus selama 10-20 menit. Anda dapat menambahkan gula rendah kalori untuk memperkuat rasa.

5. Dicampurkan bersama daun mint

Pecinta minuman dingin tentunya tahu bahwa daun mint adalah salah satu bahan paling sering digunakan saat membuat minuman seperti cocktail dan sejenisnya. Anda juga bisa memadupadankan daun mint dengan perasan air lemon. Siapkan daun mint sebanyak 10 lembar, cincang kasar. Kemudian, taruh di teko berisi air perasan lemon yang sudah ditambahkan air putih. Aduk hingga rata, lalu dinginkan di lemari es.

Satu hal yang harus diingat adalah isi perut Anda terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi air lemon. Asam lemon yang bereaksi dengan asam dalam lambung dapat membuat Anda sakit perut bila perut Anda kosong. Disamping itu semua, air lemon untuk diet memiliki kegunaan lain selain membakar lemak. Kegunaan air lemon diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Melancarkan pencernaan
  • Nafsu makan lebih terkendali
  • Kulit lebih bersih dan tidak kusam
  • Dapat melarutkan batu ginjal
  • Menstabilkan tekanan darah
BUAT KAMU:  2 Cara Membuat Air Lemon yang Benar & Praktis

Demikian khasiat air lemon untuk diet sehat Anda. Jangan lupa agar selalu menjaga pola makan dan pola hidup agar diet yang Anda lakukan memberikan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *