Benarkah Stevia Pengganti Gula Aman Untuk Dikonsumsi? Simak Ulasan Ilmiahnya

Stevia pengganti gula benar-benar seperti barang ajaib? Tetapi kami akan membahas faktanya lebih lanjut. Di sini juga akan dibahas cara membuat gula stevia. Semoga bermanfaat.

Stevia Pengganti Gula

Perlu Anda Baca Juga:

  1. Kenali Keburukan Gula Stevia
  2. Rahasia Khasiat Daun Stevia

Popularitas tumbuhan stevia memang sedang meningkat akhir-akhir ini. Ya, tumbuhan yang berasal dari famili Ateraceae mulai disebut-sebut dapat menggantikan gula sebagai pemanis makanan dan minuman. Penggunaannya pun dinilai lebih aman untuk dikonsumsi karena mengandung kalori yang rendah meskipun rasanya lebih manis. Dengan demikian, konsumsi stevia pengganti gula tentu aman bagi para penderita penyakit jantung, stroke dan diabetes. Opini ini tentu tidak disusun secara sembarangan melainkan berdasarkan data hasil penelitian berbagai institusi yang kredibel. Berikut ini adalah data hasil penelitian yang membuktikan bahwa gula stevia aman dikonsumsi.

Hasil Penelitian yang Menunjukkan Gula Pengganti Stevia Aman Dikonsumsi

1. Penelitian Journal of Medical Food

Hasil penelitian yang dipublikasikan melalui Journal of Medical Food menyatakan bahwa gula stevia bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut diantaranya adalah dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, stroke dan diabetes. Kondisi ini tidak terlepas dari kandungan senyawa organik pada stevia yang mampu mengendalikan gula darah.

2. Penelitian para akademisi Meksiko

Penelitian mengenai stevia rabaudiana dilakukan oleh para akademisi Meksiko yang berasal dari tiga institusi. Ketiga institusi tersebut terdiri dari Universitas Otonomi Yucatan, Universitas Yolanda-Miguel-Ordez dan Institut Nasional Kehutanan, Argonomi dan Peternakan, Yucatan, Meksiko. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stevia pengganti gula berpotensi untuk digunakan sebagai obat alami untuk penyembuhan obesitas, hipertensi, diabetes dan dislipidemia.

Berdasarkan kedua hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa gula stevia memang bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya segera mengganti jenis gula yang dikonsumsi untuk pola hidup sehat yang lebih baik. Mengapa harus mengganti jenis gula yang dikonsumsi? Bukankah setiap gula memiliki efek yang sama begi kesehatan? Tentu saja tidak karena gula stevia memiliki berbagai manfaat yang justru berdampak baik bagi kesehatan.

Manfaat stevia pengganti gula bagi kesehatan

stevia pengganti gula
stevia pengganti gula

1. Mencegah diabetes

Seperti telah diungkapkan sebelumnya bahwa gula stevia memiliki kandungan kalori yang rendah. Kondisi ini tentu membuat daun ini aman dikonsumsi dan tidak akan meningkatkan gula darah Anda. Dengan demikian, resiko terserang penyakit diabetes dapat diminialisir.

1. Mencegah kegemukan
Gula stevia berkhasiat bagi Anda yang memiliki masalah berat badan berlebih (kegemukan). Gula ini menjadi solusi ampuh untuk mengatasi masalah kegemukan Anda. Semua ini tidak terlepas dari rendahnya kandungan kalori pada daun stevia.

2. Mencegah hipertensi
Manfaat stevia pengganti gula yang kerap diandalkan adalah mencegah serangan penyakit hipertensi. Gula ini mengandung banyak manfaat untuk membuat tekanan darah Anda lebih stabil. Kondisi ini tentu saja dapat meminimalisir resiko terkena hipertensi.

3. Menangkal efek radikal bebas
Gula stevia juga terbukti berkhasiat untuk menangkal efek radikal bebas pada tubuh Anda. Senyawa alami yang terkandung dalam gula ini terbukti ampuh mengatasi efek negatif akibat paparan langsung radikal bebas pada tubuh Anda.

4. Anti kanker
Manfaat gula stevia yang tidak kalah penting adalah sebagai anti kanker. Gula ini mengandung senyawa anti kanker yang alami dan dapat mencegah kerusakan pada sel tubuh Anda.

5. Mencegah kegemukan
Gula stevia berkhasiat bagi Anda yang memiliki masalah berat badan berlebih (kegemukan). Gula ini menjadi solusi ampuh untuk mengatasi masalah kegemukan Anda. Semua ini tidak terlepas dari rendahnya kandungan kalori pada daun stevia.

Itulah kajian ilmiah mengenai stevia pengganti gula disertai lima manfaatnya. Harapannya, setelah mengetahui manfaat dari daun stevia Anda akan semakin yakin untuk mengkonsumsinya. Dengan demikian, Anda dapat mengoptimalkan penerapan pola hidup sehat berupa konsumsi gula yang rendah kalori.

Cara Membuat Gula Stevia

Supaya praktis digunakan, daun stevia dapat diubah jadi bubuk. Langkahnya keringkan daun stevia dengan cara dijemur atau dikeringkan dengan oven. Lalu daun stevia kering itu dihalusi dengan blender atau grinder cofee.

Bagian dari stevia yang dipakai untuk pemanis ialah daunnya. Daun tersebut bisa langsung dipakai untuk pemanis. Cara untuk mendapatkannya yaitu dikeringkan terlebih dahulu. Proses pengeringan daun tak perlu panas yang tinggi. Dalam skala rumah tangga, bisa hanya dengan mengeringkannya di bawah cahaya matahari lebih kurang 12 jam. Mengeringkan di sini adalah untuk menurunkan kadar steviosidanya. Bisa juga dengan mengeringkan daun stevia dalam microwave selama 2 menit. Setelah itu bisa diserbukkan. Serbuk tersebut bisa kemudian digunakan sebagai pemanis makanan.

Stevia pengganti gula juga dapat dikonsumsi dalam bentuk cair, yaitu dengan cara merendamnya selama 1 hari. Lalu disimpan dalam lemari pendingin. Perbandingan air dengan bubuk stevia yaitu satu banding empat. Yang perlu diperhatikan ialah keamanannya. Hindari memakai stevia dengan langsung jikalau daun itu terpapar oleh pestisida atau pun bahan kimiawi lainnya yang bisa berbahaya untuk kesehatan.

Leave a Reply