Manfaat toge untuk kesuburan

Manfaat Toge Untuk Kesuburan

Manfaat Toge Untuk Kesuburan

 

Manfaat Toge Untuk Kesuburan>>Taoge adalah sayuran yang merupakan tumbuhan muda yang baru saja berkecambah dan dilindungi dari cahaya. Kata taoge sendiri adalah serapan dari dialek Hokkian, istilah Mandarin-nya adalah douya. yang secara harfiah berarti kecambah kacang-kacangan, umumnya berasal dari kacang hijau dan sering disajikan dalam menu makanan dari Asia Timur. Taoge segar sangat kaya akan vitamin E, dan merupakan menu yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi taoge, tubuh akan terobati dan tercegah dari kekurangan vitamin E.

Manfaat toge untuk kesuburan

Dr. Boyke Dian Nugraha, konsultan dan ginekolog seks, mengatakan bahwa tauge mengandung anti oksidan dan vitamin E yang sangat berkhasiat bagi kesuburan dan bisa membantu mendongkrak vitalitas dan kejantanan kaum pria.

Protein tauge lebih tinggi 19% dibanding kandungan protein dalam biji aslinya, hal ini disebabkan, selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial penyusun protein.

Selain sebagai bahan makanan untuk kesuburan, tauge juga bernilai tinggi, memiliki khasiat yang luar biasa jika dikonsumsi. Kecambah tauge mengandung vitamin B, C, B1, B6, K dan A. Selain itu, kecambah juga menjadi sumber makanan yang kaya zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan mangan, dan asam lemak omega 3.

Ternyata kecambah mentah memiliki manfaat lebih banyak dibanding yang sudah dimasak. Selain bergizi, kecambah lebih mudah dicerna karena mengandung enzim dan serat yang larut. Bahkan, enzim tersebut bisa meningkatkan gerakan usus Dan toge juga bisa untuk mencegah beberapa penyakit yaitu:

1. Mencegah Kanker

Dalam proses terbentuknya toge telah menguraikan 90% rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meninggalkan usus besar ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat memicu terjadinya kanker.

Bagi para wanita rajin mengonsumsi kecambah toge dapat mencegah kanker panyudara. Kecambah kedelai kaya akan senyawa anti kanker. Senyawa genistin akan bekerja lebih efektif ketika sudah berbentuk benih kecambah dan akan menekan kanker. Saat itu, genistin akan bekerja secara aktif menghambat pasokan makanan bagi sel-sel kanker sehingga mereka mati.

2. Menjaga dan Meningkatkan Keasaman Lambung 

Ada beberapa orang yang ketika mengkonsumsi kacang akan merasa kembung ini karena mereka terlalu sensitif terhadap oligosakarida. Untuk mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, taoge mungkin salah satunya karena bersifat basa.

3. Untuk kecantikan 

Toge juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam pada wajah, jerawat, menyuburkan rambut, tubuh langsing, membantu meremajakan dan menghaluskan kulit.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis 

Kandungan dari estrogen alami yang ditemukan dalam tauge berfungsi dengan sintesis estrogen dan tanpa efek samping. Estrogen ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan struktur tulang, serta mencegah osteoporosis atau kerapuhan tulang.

5. Mencegah Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung 

Kandungan saponin dalam toge dapat menghancurkan lemak jahat LDL tanpa mempengaruhi lemak baik HDL. Pada toge kandungan saponinnya sangat tinggi karena pada saat proses dari biji-bijian menjadi kecambah kadar saponinnya naik menjadi 450%.

Bagi penderita stroke dan serangan jantung yang disebabkan oleh lemak darah melambung, sebaiknya juga mengkonsumsi sayuran taoge.

 6. Mencegah Penuaan Dini 

Sayuran ini merupakan sayuran yang dapat membuat kita awet mudah karena dapat mencegah penuaan dini. Toge mengandung antioksidan yang kuat dan sangat padat sehingga melindungi tubuh dari radikal bebas.

Leave a Reply