Manfaat Kebiasaan Makan Upil? Adakah, Ini Kata Peneliti…

Sebagaian besar Anda pasti merasa geli ketika mendengar ada  yang namanya kebiasaan mengupil.  Begitu juga dengan saya. Tapi ternyata memang ada sebagian kecil orang yang memiliki kebiasaan seperti itu. Aneh memang, dan tentu saja itu menjadi persepsi negatif dari orang lain. Tetapi, mengejutkannya penelitian menemukan sesuatu yang berkesan kontradiktif. Mengupil bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Kebiasaan Makan Upil

Penelitian ini datang dari Massachutess, tepatnya peneliti dari Massachutess Institutes of Technology. Menurut riset yang mereka adakan, upil memiliki lendir saliva yang bisa bermanfaat untuk mencegah gigi dari bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

Hasil penelitian ini menginspirasi para peneliti untuk mengembangkan lendir sintetis. Kemudian lendir sintetis itu akan dimasukkan ke dalam permen karet, pasta gigi atau semacamnya.

Manfaat Makan Upil
Manfaat Makan Upil untuk Kesehatan Gigi dan Tubuh

Sebelumnya, pada Tahun 2015, Ribbeck menemukan bahwa lendir di hidung memiliki potensi antibiotik. Dalam penelitian disebutkan juga bahwa lendir di hidung bisa bermanfaat untuk mencegah infeksi saluran pernapasan. Tidak hanya itu bahkan juga berpotensi untuk mendukung pencegahan maag dan HIV. Melhiat manfaat upil (lendir di hidung) membuat, pengembangan lendir sintetis penting, menurutnya.

Tetapi, sebenarnya hal ini bukan merupakan hal yang baru. Pernah dilansir oleh Huffington Post, Bahwa Scott Napper, seorang profesor Biokimia di University of Saskatchewan dari Kanada pernah menyebutkan kepada CTV bahwa manfaat mengkonsumsi upil bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu dilansir dari Men’s Health, Friedrich Bischinger, yang merupakan spesialis paru-paru, pun telah menyarankan untuk mengkonsumsi upil. Alasannya pun sama, yaitu untuk menambah kekebalan tubuh.

“Hidung ialah (sperti) tempat bakteri banyak berkumpul, dan saat itu ada di usus. ia (upil) berkerja seperti obat,” sebut Bischinger. Menurut beliau, orang yang mengkonsumsi upil tak hanya bisa lebih sehat, tetapi mereka bisa lebih bahagia.

Bahaya Makan Upil

Tetapi, walaupun begitu ada sebuah penelitian di Belanda pada tahun 2006 menyebutkan bahwa orang yang hobi ngupil akan mempunyai lebih banyak bakteri. Yaitu bakteri Staphyloccocus yang bisa menyebabkan infeksi Staph. Di samping itu, dalam kondisi tertentu, seperti ketika upil susah diambil, bisa menyebabkan seseorang mengeluarkan air mata (karena sakit). Tak terlepasnya kemungkinan iritasi ketika mengupil menyebakan tak terlepasnya kemungkinan infeksi disebabkan mengupil.

Bagaimana, apakah Anda juga ingin memakan upil. Jika Anda tidak merasa geli sih tidak apa-apa, walaupun kemungkinannya kecil. Mungkin upil juga bisa dikatakan sebagai superfood. Tetapi yang pasti kami tidak akan jual upil, mungkin…

 

Leave a Reply