cara minum madu dan kayu manis

Kenali Beragam Manfaat Kayu Manis dan Madu Untuk Wajah (Wajib Tahu)

Jikalau Anda belum mengetahui keajaiban manfaat kayu manis dan madu untuk, bisa jadi Anda akan menyesal. Karena ternyata, manfaat dari dua bahan herbal ini sangat banyak dicari oleh mereka yang ingin merawat wajahnya. Jadi apa saja khasiat dari kayu manis dan madu untuk wajah? Bagaimana cara minum kayu manis dan madu? Lalu adakah efek samping dari kayu manis dan madu?  Berikut pembahasannya,

Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Wajah

Perlu di Baca Juga:

  1. 5 Manfaat Kayu Manis dan Apel Untuk Kesehatan & Diet
  2. Cara Minum Kayu Manis dan Madu Yang Benar
  3. Cara Mengolah Kayu Manis Menjadi Minuman Sehat dan Enak

Kayu manis dan madu adalah dua bahan alami dengan banyak manfaat untuk kesehatan wajah dan kulit. Tanaman yang tumbuh subur di iklim tropis seperti Indonesia, India dan Sri Lanka ini memang sejak lama digunakan untuk mengobati gangguan kulit. Sementara itu, selain dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata madu juga berkhasiat untuk kesehatan kulit wajah. Beberapa hasil penelitian telah membuktikan bahwa kayu manis dan madu bermanfaat untuk pengobatan penyakit kulit, diabetes, rambut rontok dan kolesterol.

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengambil manfaat kayu manis dan madu untuk wajah. Misalnya: menggunakan campuran keduanya dalam bentuk minyak, bubuk hingga masker. Kayu manis dan madu telah dipercaya oleh masyarakat China, Indonesia dan India selama berabad-abad untuk pengobatan tradisional. Keduanya dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam rangka menyehatkan dan menyembuhkan penyakit/infeksi pada wajah. Berikut ini adalah manfaat kayu manis dan madu untuk kesehatan kulit wajah.

Khasiat Kayu Manis dan Madu untuk Perawatan Wajah

1. Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat kayu manis dan madu untuk kesehatan kulit wajah adalah mampu mencegah penuaan dini. Kombinasi campuran kayu manis dan madu dapat membantu menghilangkan garis-garis halus pada kulit dan membuatnya tampak awet muda. Selain itu, kedua bahan ini juga dapat merangsang pembuluh darah untuk membawa darah ke permukaan kulit sehingga terlihat lebih segar. Gunakanlah campuran 3 tetes minyak esensial kayu manis dan madu disertai 2 sdm minyak zaitun. Oleskan pada bagian kulit wajah yang mengalami garis-garis halus atau keriput. Penggunaan campuran ramuan ini secara rutin tentu dapat mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

2. Mengobati jerawat

Salah satu manfaat kayu manis dan madu untuk wajah yang paling penting adalah mampu mengobati jerawat. Penggunaan kayu manis dan madu sebagai obat jerawat dapat dilakukan dengan mengoleskan pasta pada wajah. Komposisi campuran pasta terdiri dari 1 sdm kayu manis dan 3 sdm madu. Kemudian, oleskan pasta tersebut pada bagian wajah yang mengalami masalah jerawat. Tunggu selama 20 menit, setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

3. Melembutkan kulit

Kayu manis dan madu berkhasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Kondisi ini akan membuat kulit tampak lebih bersinar dan meningkatkan kekenyalan kulit. Penggunaan kedua bahan alami ini untuk melembutkan kulit dapat dilakukan dengan campuran garam, minyak almond dan zaitun. Oleskan campuran berbagai bahan tersebut secara merata agar kulit wajah Anda lebih halus dan lembut.

4. Mengobati eksim

Manfaat kayu manis dan madu untuk wajah lainnya adalah mampu mengobati eksim. Eksim adalah suatu kondisi dimana kulit wajah Anda mengalami peradangan atau iritasi. Secara umum, eksim disebabkan oleh respon yang terlalu aktif dari sistem kekebalan tubuh terhadap iritasi atau alergi. Eksim tentu dapat mengurangi rasa percaya diri dalam penampilan Anda karena meninggalkan bercak hitam pada wajah. Cara pengobatan eksim yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan pasta dari campuran 1 sdt kayu manis dan madu. Namun, jika Anda memiliki kulit yang sensitif sebaiknya melakukan tes kulit terlebih dahulu sebelum menerapkan cara ini.

Berdasarkan informasi di atas, dapat diketahui bahwa terdapat banyak manfaat yang dihadirkan kayu manis dan madu untuk kesehatan wajah. Kayu manis dan madu dapat membantu menyehatkan kulit, melawan eksim dan infeksi serta memperbaiki kualitas tekstur juga warna kulit. Berbagai manfaat kayu manis dan madu untuk wajah tersebut tentu membuat Anda semakin yakin untuk menggunakan ramuan keduanya setiap hari.

manfaat kayu manis dan madu untuk wajah
manfaat kayu manis dan madu untuk wajah

Efek Samping Kayu Manis untuk Wajah

Di bawah ini adalah daftar efek samping yang mungkin muncul dalam pemakaian kayu manis ke wajah. Yang patut diperhatikan adalah, pertama kemungkinan muncul ini sangat kecil. Kedua, kalaupun muncul kita tinggal menghentikannya dan tak begitu berbahaya. Ketiga, efek samping ini muncul umumnya karena kesalahan pemakaian seperti tidak mencampur kayu manis dengan apa-apa. Berikut daftarnya:

  1. Menimbulkan Alergi Kulit
  2. Hipersensitivitas
  3. Timbul Dermatitis Alergi
  4. Timbul Masalah Kulit
  5. Terasa Panas
  6. Meningkatkan Produksi Minyak dan Keringat
  7. Menimbulkan Iritasi Kulit

Masker Kayu Manis tanpa Madu

Ada yang mengatakan bahwa penggunaan masker kayu manis tanpa madu lebih efektif dalam menghilangkan jerawat. Terkait hal ini, maka perlu ditanyakan lagi apakah ini benar faktanya dan berapa orang yang sudah membuktikannya.

Ini dikarenakan kayu manis yang sifatnya cukup keras terhadap kulit. Maka penggunaan kayu manis sendiri tanpa apapun secara berlebihan ke wajah bisa menyebabkan iritasi. Maka kita bisa menggunakan kayu manis dengan campuran madu, lemon, atau jeruk nipis.

 

Leave a Reply