Cara Mengkonsumsi Daun Kelor untuk Lauk dan Sayuran

Cara mengkonsumsi daun kelor perlu diperhatikan untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Ini dikarenakan daun kecil nan ajaib ini biasa digunakan sebagai suplemen kesehatan atau suplemen dalam menyembuhkan penyakit serius. Ada juga cara mengolah daun kelor untuk diabetes. Lalu bagaimana dengan rebusan daun kelor? Oleh karena itu mari kita bahas tentang bagaimana mengkonsumsi daun kelor yang benar.

Penting Untuk Dibaca:

  1. Aturan Minum Daun Kelor Yang Perlu Diketahui
  2. 3 Resep Sayur Daun Kelor 
  3. Manfaat Rebusan Daun Kelor untuk Kesehatan

Cara Mengkonsumsi Daun Kelor

#1 – Cara Mengkonsumsi Daun Kelor untuk Olahan Sayur atau Lauk

Daun kelor merupakan salah satu bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan obat atau penyembuhan. Siapa sangka, daun yang tidak terlalu banyak ada di pasaran ini ternyata juga bisa digunakan sebagai komposisi sayur atau lauk. Rasanya pun tetap enak dan lebih banyak mengandung gizi.

Jadi, jika mengkonsumsinya maka tidak hanya akan mengenyangkan tetapi juga menambah asupan nutrisi ke dalam tubuh. Lalu, apa saja jenis olahan daun kelor yang enak? Ternyata, cara mengkonsumsi daun kelor bisa dengan dimasak sebagai apa saja mulai tumis, sayur bening, sayur berkuah santan, omelet, martabak, dan sebagainya.

Cara mengkonsumsi daun kelor yang pertama adalah sebagai bahan masakan sayur. Sayur bening daun kelor dapat dibuat dari bahan tumis bumbu halus standar sayur bening. Jika ingin lebih enak sayur bening daun kelor bisa ditambah dengan udang, bakso, atau tahu.

Lain lagi jika ingin mencampurkan sayuran hijau ini ke dalam lauk. Beberapa resep masakan yang bisa menggunakan daun kelor contohnya adalah omelet daun kelor. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu kocok telur dan tambahkan daun kelor. Aduk sampai rata dan tambahkan bahan – bahan lain supaya rasanya lebih enak.

Bahan – bahan yang bisa dimasukkan untuk menyempurnakan omelet telur antara lain garam, penyedap rasa, kornet, sosis, atau nori. Selain rasanya enak, omelet ini juga sangat kaya nutrisi sehingga cocok dibuat bekal anak – anak jika dikemas dalam bento lucu.

Selain omelet, cara mengkonsumsi daun kelor sebagai campuran pepes ikan tongkol juga merupakan inovasi masak yang enak. Jadi, caranya pepesa dibuat seperti biasa. Tetapi saat mengaduk bumbu tambahkan pula irisan daun kelor yang sudah dicuci bersih. Kukus sampai matang dan hasilnya akan sangat lezat.

#2 – Cara Mengkonsumsi Daun Kelor untuk Olahan Minuman

cara mengkonsumsi daun kelor
cara mengkonsumsi daun kelor

Selain diolah menjadi makanan, cara mengkonsumsi daun kelor juga bisa dilakukan dengan mengolahnya menjadi minuman. Minuman yang paling enak dari daun kelor adalah sup buah dan es krim. Jadi, pertama – tama gunakan daun kelor sebagai kuah sup buah. Ada 2 cara mengolah daun kelor untuk resep ini. Yang kesatu adalah dengan teknik persebusan. Jadi, daun kelor yang sudah dicuci bersih kemudian direbus dan diambil airnya. Air rebusan daun kelor itu juga bisa dicampur dengan susu atau madu sehingga rasanya lebih legit dan lezat. Tambahkan aneka jenis buah – buahan yang dipotong dadu seperti buah naga, semangka, melon, apel, pear, dan sebagainya. Cara yang kedua bisa menggunakan bubuk daun kelor kering.

Cara mengkonsumsi daun kelor bisa juga dilakukan dengan mengolahnya menjadi es krim. Bahan – bahan yang diperlukan sama persis dengan es krim pada umumnya. Hanya saja, untuk es krim daun kelor ini terlebih dahulu daunnya harus dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk. Setelah menjadi bubuk, maka proses pencampuran daun kelor dengan bahan lainnya akan lebih mudah sehingga es krim lebih creammy karena hanya menggunakan sedikit air. Jangan lupa menggunakan susu bubuk skim atau jenis full cream. Jika tidak ingin memakai gula pasir dalam jumlah banyak maka pilihan lain yang dapat dipakai adalah cokelat bubuk, madu, atau gula jagung. Karena daun kelor bisa menyesuaikan rasa manis maupun asin, jadi olahannya memang lebih luas. Seseorang yang membutuhkan konsumsi daun kelor bisa menggunakan inovasi ini supaya tidak bosan.

Cara Mengolah Daun Kelor untuk Diabetes

Mengkomsumsi daun kelor untuk diabetes juga perlu diperhatikan, agar kita bisa mendapatkan hasil yang optimal. Cara yang pertama bisa memblender daun kelor dan menjadikannya jus. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kita menambahkan gula ke dalamnya. Tetapi kita bisa mengganti dengan pemanis pengganti yang aman yaitu stevia.

Cara kedua kita menjadikannya menjadi teh daun kelor. Minum teh tersebut 2-3 kali sehari. Cara ketiga paling praktis adalah dengan kapsul daun kelor. Kapsul daun kelor yang bagus adalah yang minyak karena lebih banyak kandungannya. Akan tetapi kapsul daun kelor bubuk pun tak masalah.

Manfaat Rebusan Daun Kelor

Terakhir kita meringkas apa sajakah manfaat dari mengkonsum rebusan daun kelor. Kita dapat ringkas menjadi seperti ini:

  1. Menangkal Inflamasi
  2. Menurangi Kolesterol jahat
  3. Meredakan Letih, Linu, dan Nyeri

Seperti itulah cara-cara untuk meminum ataupun memakan daun kelor. Jika Anda ingin memakannya bisa mencampurkannya dengan makanan lain, ataupun memakannya langsung. Jika Anda ingin meminumnya bisa dengan cara merebusnya, menjadikannya jus, atau menjadikannya teh.

Leave a Reply