Pilihan Makanan yang Kamu Perlu Habiskan Jika Mau Perutmu Kurus

Dalam permasahalan kelebihan berat badan. Seringkali makanan menjadi kambing hitam akan masalah tersebut (padahal kita tidak makan kambing). Biasanya makanan yang disalahkan adalah makanan yang mengandung kalori atau gula dalam kadar yang banyak. Kemudian stok kalori dan gula yang berlebihan itu disimpan dalam perut. Sehingga perut kita menjadi buncit.

Tetapi bukan berarti untuk mendapatkan perut yang rata, kita harus berhenti makan. Kita sebagai manusia tetap memerlukan asupan energi dari yang kita makan. Kuncinya adalah memilih makanan yang tepat asupannya, sehingga bisa mempromosikan pengurangan lemak dalam tubuh. Lalu, apa sajakah makanan yang tepat asupan tersebut?

1. Mulai dari Memperhatikan Sarapan Pagimu. Makanlah Oatmeal, bukan Nasi!

Oatmeal Via Pixabay.com

Oat, atau Oatmeal, atau havernut merupakan salah satu pilihan terbaik untuk sarapan (breakfast). Oatmeal mengandung kaya akan serat. Yang mana serat ini sama seperti air, yaitu tidak mengandung gula dan rendah kalori. Tetapi hebatnya, serat tetapi bisa membuatmu kenyang.

Serat dari oatmeal akan bertahan lama di perut. Artinya perut kita tidak akan lapar sampai jam waktu makan siang. Sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk nyemil atau makan lagi di Jam 10-an. Jika kita tidak memasukan kalori lagi sampai siang, maka perlahan-lahan gula dalam tubuh yang menjebak lemak akan berkurang.

Selain mengurangi kebiasaan ngemil dan kadar gula, oatmeal juga bisa mengurangi kolesterol. Itulah mengapa oatmeal bisa baik untuk Jantung. Tapi yang perlu diingat adalah konsumsilah oatmeal tanpa gula. Pilihlah rasa tawar atau tambahkan buah jika ingin rasa-rasa.

2. Kalau Anda Tidak Suka Oatmeal, Bisa Digantikan Telur Sebagai Alternatif.

Telur Mata Sapi via Pixabay.com

Telur adalah salah satu makanan yang seringkali masuk ke dalam daftar makanan sehat. Karena memang tidak dapat dipungkiri, bahwa telur memiliki banyak nutrisi dalam tiap butirnya.

Dalam fungsinya untuk membakar lemak, telur memiliki vitamin B12. Vitamin tersebut berfungsi dalam melancarkan pencernaan lemak dalam tubuh. Sehingga tumpukan lemak dalam tubuh kita bisa lebih cepat terbakar ketika  beraktivitas.

Selain itu, penelitian dari Lousiana University telah menemukan bahwa, orang yang  setiap pagi sarapan telur akan lebih mudah menurunkan berat badan dibanding mereka yang makan roti. Kalau di Indonesia mungkin roti ini diibaratkan Nasi. Jadi masih mau sarapan pakai nasi? Mending telur saja. Pakai resep omelet yang maknyus.

3. Jikalau Mulut Gatal Pengen Ngemil, Pastikan Cemilannya adalah Dari Kacang-Kacangan.

Kacang-kacangan via pixabay.com

Pada hari awal-awal Anda beralih sarapan ke oatmeal, pasti Anda akan merasa kehilangan cemilan. Jadi pastikan ada stok kacang-kacangan pada cemilan Anda. Bila bisa memilih, bagus kacang almond atau kacang badam.

Hal ini dikarenakan kacang badam, atau yang lebih dikenal sebagai kacang almond ini, dapat mendukung usaha kita untuk meratakan perut. Sebuah penelitian dari Purdue University menyebutkan bahwa Kacang Almond dapat memberikan rasa kenyang yang lebih awet dibandingkan kita makan kue. Selain itu Kacang Almond dapat menontrol gula darah kita sehabis makan. Seperti yang kita tahu, bahwa gula adalah salah satu penyebab utama kegendutan. Selain itu kacang Almond bagus buat kesehatan Jantung.

Tak hanya almond, kacangan-kacangan yang lain juga baik. Salah satunya yaitu kacang merah yang tinggi serat dan protein tapi rendah kalori. Oleh karena itu perbanyaklah memakan menu kacang-kacangan. Apalagi di Indonesia ada seperti bubur kacang hijau dan kacang merah.

4. Lengkapi Susu Rendah Lemak-mu dengan Menambahkan Protein

Bubuk Protein via Wikimedia

Bubuk protein atau dikenal juga whey protein adalah ekstrak protein dalam bentuk bubuk. Bubuk ini biasanya dicampurkan ke dalam susu atau smoothies. Protein yang cukup dalam perut kita bisa merawat rasa kenyang.

Selain itu tubuh kita selalu membutuhkan protein untuk perawatan sel dan regenerasi. Oleh karena itu jangan pikir bubuk protein hanya untuk orang yang rajin ke gym saja. Semua orang membutuhkan asupan protein yang cukup.

5. Ganti Minyak Goreng Biasa dengan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun via Pixabay.com

Diketahui minyak zaitun bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kita tetap rendah. Selain itu minyak zaitun justru mengontrol nafsu makan kita. Minyak zaitun juga disebut sebagai minyak paling menyehatkan di muka bumi. Ini karena minyak zaitu berkhasiat untuk melawan kanker, obesitas, penyakit jantung, dan mencegah penyakit tulang. Masih mau mengkonsumsi minyak kelapa sawit terus??

6. Beri-Berian adalah Buah yang Terbaik Buat Perut

Beri-berian via Pixabay.com

Kalau ada sebutir pil yang bisa membuat Anda kenyang, menurunkan berat badan Anda, membakar lemak di perut, dan mencegah penyakit, maka apakah Anda mau meminumnya??

Untungnya, Anda tidak perlu ke dokter untuk mendapatkan resep dan pil tersebut. Anda cukup pergi ke toko buah-buahan, lalu mencari beri-berian. Anda bisa memilih mulai dari bluberi, stroberi, raspberi, dan lain-lain.

Beri-berian mengandung kaya serat. Semangkuk kecil beri mengandung 6 gram serat. Ini akan membuatmu kenyang awet. Sehingga mencegahmu mengemil di pagi dan siang hari

7. Daging Unggas atau Ikan Lebih Baik Dibanding Sapi

Daging ikan via pixabay.com

Ketika mencerna makanan, tubuh membutuhkan kalori untuk membakarnya. Dibanding lemak dan karbohidrat, tubuh bekerja lebih keras ketika mencerna protein. Hal ini akan membuat tubuh menggunakan lebih banyak kalori. Sehingga daripada memakan daging sapi yang banyak lemaknya, lebih baik memakan daging unggas atau ikan yang rendah lemak tapi kaya akan protein.

Selain itu umumnya daging unggas dan ikan lebih murah. Tapi yang perlu diperhatikan adalah unggas yang adalah unggas yang organik. Jika ingin daging yang lebih sehat, makan daging salmon tidak hanya mengandung protein tapi juga kaya akan omega-3.

8. Konsumsi Biji-bijian Utuh untuk Serat Maksimal

Jual QUinoa
Biji Utuh Quinoa

Bagaimanapun tubuh kita perlu karbohidrat. Yang salah adalah jika kita mengasup terlalu banyak karbohidrat ke tubuh kita. Apalagi jika karbohidrat tersebut masuk ke jenis fast-carb sebagaimana nasi dan tepung terigu.

Oleh karena itu untuk memasok karbohidrat ke tubuh, daripada nasi lebih baik kita pilih biji-bijian. Ini dikarenakan biji-bijian mengandung karbohidrat sekaligus tinggi akan serat. Ini membuat kita bisa kenyang walaupun makan sedikit biji-bijian utuh.

Beras pun sebenarnya termasuk biji-bijian, tapi tidak lagi disebut biji-bijian utuh. Karena selama prosesnya, beras telah kehilangan 64%. Dan tidak mungkin juga kita akan langsung mengkonsumsi beras begitu habis dipanen.

Sebagai gantinya kita bisa menggunakan gandum, chia seed, flax seed, atau quinoa.


Sumber Artikel : http://www.hipwee.com/tips/makanan-makanan-yang-harus-kamu-habiskan-jika-kamu-mau-kurus/ yang ditulis oleh Yogie Fadila (diakses jam 17:24 tanggal 24-4-2016)

Post Author: zamsherbal

Leave a Reply